Popular Post

Total Pengunjung

Pertama Kali Berangkat Umrah, Periksa Tips Berikut

Posted by On 08.56.00 with No comments

digtara.com | MEDAN – Segala sesuatu yang dilakukan pertama kali, tentunya akan menimbulkan debaran tersendiri. Apalagi sesuatu pertama itu, adalah hal yang terencana.

Tapi anda tak perlu terlibat dalam euphoria yang berlebihan. Persiapan yang matang akan membuat rasa debar itu berkurang, begitu pula dengan kekhawatiran akan kegagalan.

Seperti saat momen untuk beribadah Umrah pertama kalinya. Agar tetap fokus beribadah pastikan anda telah melakukan beberapa persiapan berikut ini supaya perjalanan senantiasa lancar.
PELAJARI TATA CARA IBADAH UMRAH YANG BENAR

Sebelum memulai perjalanan spriritual di Mekah dan Madinah, tidak ada salahnya mempersiapkan diri dengan mempelajari tata cara ibadah yang benar. Mulai dari bertanya pada agen travel yang menyelenggarakan umrah, membeli buku-buku referensi berisi panduan ibadah, mengobrol dengan anggota keluarga yang sudah berpengalaman, atau browsing di situs-situs terpercaya.

Pahami betul tata cara ibadah dan bacaaan yang sesuai sunnah. Biasanya tata cara umrah dimulai dengan membaca niat dan memakai pakaian ihram dari miqat-miqat atau garis start saat akan melakukan ibadah umrah.
CARI TAHU PERLENGKAPAN APA SAJA YANG HARUS DIBAWA

Seperti halnya traveling, mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat umrah menjamin kenyamanan selama beribadah di Tanah Suci. Jangan sampai ada barang-barang penting yang tertinggal yang membuatmu kebingungan dan ibadah jadi kurang maksimal.

Selain membawa baju, baju ihram, atau sarung, alas kaki yang nyaman dan kuat, buku doa, gadget dan charger-nya, masker, kacamata, dan obat-obatan. Sebaiknya batasi membawa terlalu banyak barang karena sepulangnya ke tanah air, koper akan semakin berat karena diisi berbagai oleh-oleh untuk keluarga.
SIAPKAN PAKAIAN YANG DIPERLUKAN

Selain membawa kain ihram, disarankan untuk membawa baju muslim untuk pria serta gamis dan mukena atasan untuk perempuan. Pertimbangkan kondisi cuaca di Mekah dan Madinah, misalnya membawa jaket, sweater dan kaus kaki tebal saat berangkat umrah di musim dingin. Sedangkan untuk musim panas, persiapkan baju tipis tertutup, kacamata dan masker agar tetap nyaman selama beribadah.
SIAPKAN PAKET DATA YANG BISA MELANCARKAN KOMUNIKASI BERSAMA KELUARGA

Berangkat dan beribadah di Tanah Suci selama 9 hari membuatmu jauh dari keluarga. Jangan sampai rasa khawatir memuncak karena kesulitan mendapatkan kabar terbaru gara-gara terhalangi koneksi internet atau kesulitan mendapatkan paket data.

Kini banyak paket data yang disediakan para provider selular di Indonesia, yang sudah bekerjasama dengan provider di Tanah Suci. Ada yang mengandalkan harga yang murah, ada pula yang sedikit lebih mahal namun dengan kualitas dan layanan yang lebih baik dan beragam.

Ada pula paket internet yang disediakan khusus untuk para calon Jemaah dengan harga yang menarik. Tapi jangan lupa, pastikan apakah paket anda akan aktif secara otomatis di Arab Saudi, atau harus terlebih dahulu di aktifkan di tanah air.

[MERDEKA/AS]
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »